Emansipasi Mengubah Perempuan Lebih Terhormat

Wabup Indramayu H.Supendi pada Upacara Hari Kartini di Pendopo Indramayu

Jika dulu perempuan masih dipandang sebelah mata, kini hal tersebut sudah tidak lagi. Bahkan saat ini kaum perempuan seolah telah menjadi pesaing bagi kaum laki-laki. Emansipasi serta kesetaraan gender telah merubah posisi kaum perempuan pada posisi yang terhormat.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Indramayu H. Supendi ketika menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kartini ke-139 tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2018 yang berlangsung di Pendopo Indramayu, Senin (23/04/2018).

Setiap memperingati Hari Kartini, maka ingatan  akan tertuju pada seorang tokoh perempuan yang sangat besar jasanya dalam memperjuangan hak-hak dasar perempuan Indonesia. Selain itu ia juga tidak pernah menyerah dalam mengangkat harkat dan derajat serta emansipasi kaum perempuan. Kegigihannya agar dapat mewujudkan semua itu membuahkan hasil yang saat ini dirasakan oleh kaum perempuan Indonesia.

Supendi menambahkan, kedudukan kaum perempuan akan menjadi sangat penting dalam kehidupan di masyarakat. Perempuan akan menjadi tokoh utama yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa. Kemampuan ini tentu saja memerlukan pondasi yang kuat serta didukung oleh rasa percaya diri yang tinggi. Dan dengan kemampuan ini pula yang mendasari Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, hingga pada akhirnya mampu memberikan perubahan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Untuk mengenang sekaligus meneladani apa yang telah dilakukan oleh Raden Ajeng Kartini, hari ini kita semua memperingati hari kelahirannya, tentu saja tidak hanya dengan melaksanakan upacara atau kegiatan-kegiatan yang bersifat seremonial, tetapi mari kita teladani apa yang telah dilakukannya dengan kegiatan-kegiatan kreatif, inovatif serta bermanfaat bagi orang banyak,” tegas Supendi.

Selain itu, momentum peringatan Hari Kartini ke-139 ini, dijadikan momentum untuk meningkatkan peran dan posisi kaum perempuan dalam pembangunan di segala bidang. Namun perlu di ingat sebesar atau setinggi apapun kedudukan seorang perempuan dalam pemerintahan atau dimanapun, ia harus tetap sadar dan tidak melupakan kodratnya sebagai seorang isteri dan sebagai seorang ibu.

“Kodrat ini tentu saja tidak akan bisa dilepas, dan akan tetap melekat pada setiap perempuan Indonesia. Selain itu saya juga mengajak kepada seluruh kaum perempuan Kabupaten Indramayu, untuk tidak berhenti dalam meningkatkan harkat, martabat serta kesejahteraan bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” tegas Supendi.

Pada kesempatan itu diserahkan SK Pensiun bagi 51 PNS yang memasuki purna tugas periode bulan Mei 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan diserahkan pula peralatan olahraga untuk Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kabupaten Indramayu. Dan dibacakan sejarah singkat perjuangan Kartini oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak (DPPPA) Kabupaten Indramayu, Lily Ulyati.

Aa DENI/Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu