Berawal Dari RA Kartini Pada 21 April 139 Tahun Lalu

SAMBUTAN BUPATI INDRAMAYU HJ.ANNA SOPHANAH PADA PERINGATAN HARI KARTINI TAHUN KE 139.

 

ASSALAMU’ALAIKUM
WAROKHMATULLAHI WABAROKATUH

MENGAWALI SAMBUTAN , SAYA MENGAJAK KEPADA SEMUA UNTUK SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA, TUHAN YANG MAHA ESA YANG SENANTIASA MELIMPAHKAN RAHMAT SERTA HIDAYAH-NYA KEPADA KITA SEMUA.

SHOLAWAT SERTA SALAM SEMOGA ALLAH CURAHKAN KEPADA NABI MUHAMMAD SAW, JUGA KEPADA KELUARGA, PARA SAHABAT DAN PENGIKUTNYA YANG SETIA HINGGA AKHIR JAMAN.

SETIAP KALI KITA MEMPERINGATI HARI KARTINI, MAKA INGATAN KITA AKAN TERTUJU PADA SEORANG TOKOH PEREMPUAN YANG SANGAT BESAR JASANYA, DALAM MEMPERJUANGAN HAK-HAK DASAR PEREMPUAN INDONESIA. SELAIN ITU IA JUGA TIDAK PERNAH MENYERAH DALAM MENGANGKAT HARKAT DAN DERAJAT SERTA EMANSIPASI KAUM PEREMPUAN. KEGIGIHANNYA AGAR DAPAT MEWUJUDKAN SEMUA ITU MEMBUAHKAN HASIL YANG SAAT INI DIRASAKAN OLEH KAUM PEREMPUAN INDONESIA.
SEPERTI KITA MAKLUM BERSAMA, BAHWA KEDUDUKAN KAUM PEREMPUAN AKAN MENJADI SANGAT PENTING DALAM KEHIDUPAN DI MASYARAKAT. PEREMPUAN AKAN MENJADI TOKOH UTAMA YANG MEMILIKI KEMAMPUAN DAN KAPASITAS YANG LUAR BIASA BESAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA. KEMAMPUAN INI TENTU SAJA MEMERLUKAN PONDASI YANG KUAT SERTA DIDUKUNG OLEH RASA PERCAYA DIRI YANG TINGGI. DAN DENGAN KEMAMPUAN INI PULA YANG MENDASARI RADEN AJENG KARTINI DALAM MEMPERJUANGKAN HAK-HAK PEREMPUAN, HINGGA PADA AKHIRNYA MAMPU MEMBERIKAN PERUBAHAN DALAM TATANAN KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA.

UNTUK MENGENANG SEKALIGUS MENELADANI APA YANG TELAH DILAKUKAN OLEH RADEN AJENG KARTINI, HARI INI KITA SEMUA MEMPERINGATI HARI KELAHIRANNYA, TENTU SAJA TIDAK HANYA DENGAN MELAKSANAKAN UPACARA ATAU KEGIATAN-KEGIATAN YANG BERSIFAT SEREMONIAL, TETAPI MARI KITA TELADANI APA YANG TELAH DILAKUKANNYA DENGAN KEGIATAN-KEGIATAN KREATIF, INOVATIF SERTA BERMANFAAT BAGI ORANG BANYAK. SELAIN ITU MARI KITA JADIKAN MOMENTUM PERINGATAN HARI KARTINI KE-139 INI, UNTUK MENINGKATKAN PERAN DAN POSISI KAUM PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN DI SEGALA BIDANG. NAMUN PERLU DI INGAT SEBESAR ATAU SETINGGI APAPUN KEDUDUKAN SEORANG PEREMPUAN DALAM PEMERINTAHAN ATAU DIMANAPUN, IA HARUS TETAP SADAR DAN TIDAK MELUPAKAN KODRATNYA SEBAGAI SEORANG ISTERI DAN SEBAGAI SEORANG IBU. KODRAT INI TENTU SAJA TIDAK AKAN BISA DILEPAS , DAN AKAN TETAP MELEKAT PADA SETIAP PEREMPUAN INDONESIA.

HJ.ANNA JUGA MENEGASKAN BAHWA SAAT INI, SUDAH TIDAK LAGI TABU UNTUK MEMILIH, MENGANGKAT ATAU MENEMPATKAN SEORANG PEREMPUAN UNTUK MENDUDUKI SATU JABATAN. JIKA DULU PEREMPUAN MASIH DIPANDANG SEBELAH MATA, KINI HAL TERSEBUT SUDAH TIDAK LAGI. BAHKAN SAAT INI KAUM PEREMPUAN SEOLAH TELAH MENJADI PESAING BAGI KAUM LAKI-LAKI. EMANSIPASI SERTA KESETARAAN GENDER TELAH MERUBAH POSISI KAUM PEREMPUAN PADA POSISI YANG TERHORMAT. SELAIN ITU SAYA JUGA MENGAJAK KEPADA SELURUH KAUM PEREMPUAN KABUPATEN INDRAMAYU, UNTUK TIDAK BERHENTI DALAM MENINGKATKAN HARKAT , MARTABAT SERTA KESEJAHTERAAN BAGI KELUARGA, MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA.

SELAMAT HARI KARTINI.


BILAHITAUFIK WALHIDAYAH WASSALAMU ALAIKUM WAROKHMATULLAHI WABAROKATUH.

Menjadi wanita cantik saja tidak cukup, jadilah wanita yang berbudi pekerti dan taat pada Allah subhanallahu wata’ala. Selamat hari Kartini, semoga dikau adalah Kartini di masa kini.

Mati satu tumbuh seribu. Kartini mungkin sudah tiada, namun semangat juangnya tidak boleh padam begitu saja. Maju terus para Kartini muda.

4 Comments

Comments are closed.